Kamis, 14 Juli 2011

Analisis kesalahan bahasa

1.      Contoh kalimat yang mengandung kesalahan karena terpengaruh bahasa daerah dapat kita lihat pada kalimat berikut:
ü  Anak-anak sudah pada datang.
dalam bahasa Indonesia sebaiknya kalimat tersebut menjadi:
Anak-anak sudah datang.
Contoh lain pengaruh bahasa daerah, khususnya bahasa Jawa, juga dapat kita lihat pada kalimat berikut.
ü  Masuknya keluar mana? (Jawa: Mlebune metu endi?)
Kita sebaiknya mengganti kalimat tersebut dengan:
Masuknya lewat mana?
Kesalahan akibat pengaruh bahasa daerah :
contoh:
ü  Apa kamu sudah makan?
Apakah kamu sudah makan?
ü  Bukumu ada di saya
Bukumu ada pada saya.
2.      Kesalahan akibat pengaruh bahasa asing
contoh:
ü  Orang yang mana berbaju putih itu abangku.
 Orang yang berbaju putih itu abangku.
3.      Kerancuan
contoh:
ü  Di sekolahku mengadakan pesta.
ü  Di sekolahku diadakan pesta.
Sekolahku mengadakan pesta.
4.      Kesalahan karena terlalu banyak penggunaan kata
Contoh :
ü  Kami semua sudah hadir.
Kami sudah hadir.

5.      Kesalahan bahasa karena pengaruh bahasa tutur
Contoh :
ü  Saya sudah bilang sama dia.
Saya sudah katakan kepada dia.
ü  Emangnya itu bini Tono ?
Apakah itu istri Tono?
6.      Kesalahan karena susunan kata
Contoh :
ü  Kami sudah baca suratmu.
Suratmu sudah kami baca.
7.      Sejak mulai dari hari Senen yang lalu sangat sedikit sekali perhatiannya
dipelajaran itu.
Kalimat diatas memiliki beberapa kesalahan yaitu :
ü  Kata sejak, dan mulai, mencakup pengertian yang sama. Jadi harus memilih salah satu.
ü  Kata Senen adalah non baku, yang baku adalah Senin.
ü  Kata sangat dan sekali mencakup pengertian yang sama.
ü  Kata depan “di” pada kata dipelajari tidak tepat, seharusnya pada
pelajaran. Jadi kalimat yang benar adalah:.
Sejak Senin yang lalu sangat sedikit perhatiannya pada pelajaran itu.
8.      Saya sudah umumkan supaya setiap mahasiswa-mahasiswa datang besok hari
Sabtu yang akan datang.
Kalimat diatas memiliki beberapa kesalahan yaitu :
ü  Saya sudah umumkan, bahasa yang non baku, tidak memakai pola
frase verba.
ü  Kata setiap sudah menunjukkan jamak tidak perlu kata mahasiswa diulang.
ü  Kata besok tidak perlu, karena membingungkan.
Kalimat yang benar:
Sudah saya umumkan supaya setiap mahasiswa datang hari Sabtu yang
akan datang.
9.      Atas perhatian saudara dihaturkan banyak terima kasih.
Kalimat diatas salah karena kata dihaturkan tidak ada dalam bahasa Indonesia, yang ada kata diucapkan, selanjutnya kata banyak juga tidak dipakai, karena tidak lazim.
Jadi kalimat yang benar adalah: atas perhatian saudara diucapkan terima kasih.
10.  Kesalahan pemakaian unsur gramatikal dialek regional atau unsure gramatikal bahasa daerah.
contohnya:
ü  Bahasa Tidak Baku
a.       Dia ngontrak rumah di Kebayoran lama.
b.      Paman saya mobilnya baru.
ü  Bahasa Baku
a.       dia mengontrak rumah di Kebayoran lama
b.      Mobil paman saya baru
11.  Kesalahan akibat pemilihan kata
Contoh kalimat yang mengandung kesalahan pemilihan kata dapat kita lihat pada kalimat berikut ini:
ü  Saya mengetahui kalau ia kecewa.
ü  Seharusnya: Saya mengetahui bahwa ia kecewa.
12.  Kesalahan akibat salah nalar
Contoh kalimat yang mengandung kesalahan nalar dapat kita lihat pada kalimat berikut ini:
ü  Bola gagal masuk gawang.
Seharusnya: Bola tidak masuk gawang.

0 komentar:

Posting Komentar